Selasa, 22 November 2016

CONTOH BIOGRAFI GURU SINGKAT TUGAS SEKOLAH BAHASA INDONESIA



Drs.Samsuari
Drs.Samsuari atau akrab disapa pak Sam, adalah salah satu guru penjas di SMA PLUS N 7 bengkulu, beliau lahir pada 28 maret 1959 di sumatra utara. Lahir dari pasangan Temu Surbakti dan Sarmi. Beliau adalah seorang kakak tertua dari sepuluh bersaudara. Terlahir sebagai kakak membuat beliau harus menjadi teladan bagi adik-adiknya.
            Pak sam menjalani pendidikannya di bangku SDN 2 Aek Nabara dan SMPN 2 Aek  Nabara, kemudian melanjutkan di SMAN Pancur Batu. Beliau memiliki hobi olahraga dan seni, karena hobi itu beliau mengambil kuliah bagian olahraga di kampus  Ikip Medan. Di bangku kuliah beliau pernah mengikuti perlombaan lari sprint tingkat mahasiswa se-sumatra utara, dan menjadi juara ke 2. Tak sampai disitu, beliau juga pernah menjadi juara lomba vokal tingkat mahasiswa se-sumatra utara. Beliau juga merupakan anggota PSM Senior, yaitu sebuah klub sepak bola medan.
        Saat beliau belum lulus kuliah, beliau sudah mengajar di SMA Swasta Hamir Hamjah selama 2 tahun. Setelah lulus kuliah, beliau hijrah ke bengkulu kemudian  mengabdikan diri pada sejumlah sekolah diantaranya, SMA AASB Bengkulu selama 2 setengah tahun. Meski sudah terbilang mapan, beliau belum memutuskan untuk menikah.  Pada tahun 1986, beliau bertugas di SMAN 5 bengkulu. Saat beliau bertugas di sekolah itu pula, ia menemukan tambatan hatinya  yang juga seorang guru bernama Wit Elistrial, S.pd.
            Saat beliau berusia 30 tahun, ia mempersunting wanita cantik yang telah membuatnya yakin untuk melepas masa lajangnya itu pada tahun 1989. Setelah menikah, pada pertengahan tahun 1992, beliau berpindah tugas di SMAN 1 bengkulu hingga 2011. Setelah dari SMAN 1,  Perjalanan mengajar beliau berlanjut di SMA PLUS N 7 hingga sekarang.
Pak Sam banyak sekali mengalami masa- masa sulit dalam karirnya sebagai guru , akan tetapi beliau tetap menjalani pekerjaan yang telah dia cita-citakan sejak kecil dengan hati yang ikhlas. Ditahun-tahun terakhir ia mengajar, mengingat usianya yang kini memasuki 58 tahun, itu berarti sudah tak lama lagi ia menjadi seorang guru. Ia berusaha menjadi lebih baik dan memberi kesan yang akan diingat oleh siswa-siswi yang ia didik.
             Guru yang ramah ini selain bekerja sebagai PNS, ia juga mendapat penghasilan dari perkebunan yang dimilikinya. Kini ia tinggal di Jl. Kaes Tubun blok H 8, dekat SMP N 18, bersama anak-anak dan istri tercintanya. Sang istri kini mengajar di SMAN 2 Bengkulu sebagai guru ekonomi akutansi.
            Ayah dari 3 anak ini telah berhasil menyekolahkan dua anaknya hingga lulus dan sekarang sudah bekerja. Sekarang pak sam masih menyekolahkan anak bungsunya yang duduk di bangku kuliah semester ke-7.
            Di usia yang tak muda lagi, beliau mengharapkan anak-anaknya sukses dan berhasil kedepannya, rumah tangganya semakin harmonis, mempersiapkan bekal di akhirat dengan terus beribahadah kepada Allah SWT dan menjadi imam yang baik untuk keluarga.

6 komentar: